Popcash

Aplikasi Simulasi Ujian Online UNBK 2017 (OFFLINE)

 Aplikasi Simulasi Ujian Online UNBK 2017


Pelaksanaan UNBK memang sangat berat dalam pelaksanaannya. Sehingga bisa kita bayangkan betapa berat beban siswa yang akan mengikuti UNBK. Selain mereka harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional, mereka juga bertanya-tanya bagaimana sih pelaksanaan UNBK dan bagaimana cara kerja UNBK nanti.

Memang banyak tersedia di Internet macam-macam Ujian Online dan banyak yang mirip, namun langkah2 dan tampilannya tidaklah sama dengan UNBK. Untuk itu guna mempermudah pemahaman siswa tentang pelaksanaan UNBK. kami mencoba untuk membagikan suatu sistem simulasi yang menyerupai UNBK itu sendiri. baik dari sisi tampilan maupun tahap-tahap dan cara pengerjaan di Komputer.

Halaman admin yang disebut dengan halaman PROKTOR CBT ONLINE, mencoba semirip mungkin dengan CBTSync Puspendik namun masih format Web based tentunya. Fitur-fitur yang ada pada aplikasi ini :
  1. Mapel yang aktif bisa ditentukan.
  2. Waktu pengerjaan bisa diatur sesuai keperluan.
  3. Selain gambar dan audio, soal dilengkapi juga  dengan file video. (Puspendik belum ada/belum diaktifkan).
  4. Ada waktu maskimum keterlambatan. apabila terlambat melebihi batas waktu peserta tidak dapat mengikuti ujian. Juga apabila siswa terlambat waktu yang tersedia dipotong waktu keterlambatan (tidak penuh). Ini yang belum ada di UNBK 2016 kemarin dari Puspendik.
  5. Ada TOKEN untuk peserta ujian.
  6. Soal bisa buat sendiri dari excel.
  7. Jumlah soal bisa ditentukan sesuai keperluan (ambil dari bank soal database).
  8. Selain urutan soal diacak, urutan jawaban dari bank soal juga diacak. Sehingga sangat kecil kemungkinan antar peserta soalnya dan jawabannya sama.
  9. Ada reset status peserta seperti UNBK gitu :)
  10. Laporan tes, hasil peserta bisa langsung diketahui. Juga tersedia dalam bentuk rekap excel.
Fitur untuk peserta ujian :
  1. Tampilan peserta mirip dengan UNBK sesungguhnya. Untuk UNBK 2017 kemungkinan besar tampilan masih sama kalau tidak diganti lagi oleh Puspendik :)
  2. Bisa menjawab dengan tekan tombol a,b,c,d,e (tanpa Mouse ... spt UNBK juga)
Untuk memulai pelaksanaan UNBK ini langkah pertama adalah Install XAMPP 1.6.2 karena aplikasi ini dibuat dengan XAMPP 1.6.2, PHP versi 5.2.2 dengan database MySQL bawaan XAMPP tersebut.
Untuk aplikasi XAMPP ini bisa di download  atau langsung  Pemakaian PHP lebih tinggi tidak kompatibel dengan aplikasi ini.
Nah setelah XAMPP tersebut terinstal, Kita memerlukan database MySQL nya. Untuk Database MySQL defaultnya bisa di download  
Bagian terpenting dari proyek ini adalah : file PHP . Nah untuk file rar dari PHP BeeSmart CBT ini bisa didownload. Ingat sebelum melaksakan CBT soal yang sedang aktif harus ditentukan dulu di localhost/unbk/admin/. (Sama seperti CBTSync UNBK kan ? hehehe .
Cara untuk mengaktifkan soal, : 
Cara Upload Soal  :

Terima kasih sudah berkunjung. semoga bermanfaat..
sumber: http://www.tuwagapat.com 
baca juga:
LIHAT JUGA:
Aplikasi Simulasi Ujian Online UNBK 2017 (OFFLINE) Aplikasi Simulasi Ujian Online UNBK 2017 (OFFLINE) Reviewed by mtsn5majalengka on 1:55 PM Rating: 5

1 comment