Popcash

Download 8 Bukti Fisik Akreditasi SMP/MTs beserta Dokumen pendukungnya

 Download 8 Bukti Fisik Akreditasi SMP/MTs beserta Dokumen pendukungnya


Kita mungkin sudah sering mendengar kata-kata akreditasi sekolah, merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan sekolah selama 5 tahun sekali untuk melaporkan semua kegiatan yang ada disekolah agar bisa diukur bagaimana perkembangan sekolah kita selama 5 tahun tersebut, tentunya hal ini dilakukan oleh TIM VISITASI AKREDITASI SEKOLAH, yang mana tim visitasi juga akan melaksanakan tugasnya dengan : Bersikap adil, bekerja dengan obyektif dan bertanggung jawab serta menjunjung tinggi kejujuran; Menjaga kerahasiaan data dan informasi yang diperoleh serta hasil pelaksanaan akreditasi; Tidak melakukan perjanjian dan/atau kesepakatan sepihak atau bersama-sama dengan sekolah/madrasah yang divisitasi baik secara individual maupun tim yang mengakibatkan tidak obyektifnya hasil visitasi; Tidak menerima apapun dari sekolah/madrasah dan pihak lain secara tim maupun individual sehingga mempengaruhi hasil akreditasi. Dengan adanya pernyataan asessor tersebut di atas, maka setiap sekolah harus menyiapkan BUKTI FISIK (data-data) yang ada.

Semua bukti fisik akreditasi sekolah nanti akan diinputkan ke dalam aplikasi berbasis online. Sekolah melalui operator sekolah memiliki akses NPSN sebagai user dan kata sandi secara default. User dan kata sandi juga bisa diatur ulang kata sandinya sesuai dengan keinginan sekolah hal ini bertujuan untuk menjaga kerahasian data sekolah yang diinput oleh sekolah dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sekolah sebagai pengguna dapat mengakses situs dengan Alamat disini.  Terdapat  8 Standar yang diambil dari  daftar Isian Akreditasi (DIA) Akreditasi sekolah merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional-Standar Minimal (BAN-SM). Tujuannya untuk menjaga kualitas suatu lembaga pendidikan formal sehingga paling tidak lembaga tersebut memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan.

Adapun Format mengisi INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA DAN INFORMASI (IPDIP) untuk di upload ke SisPenA-SM sebagai perbandingan data-data yang akan disiapkan pada sekolah kita. silahkan download link berikut ini :


Download Format IPDIP
Bukti Fisik Akreditasi Dokumen SisPeNa SMP/MTs. Secara umum kaitannya dengan dokumen yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasi SMP/MTs sebagai berikut:

  1. Standar Isi   ( Mulai butir 1 sampai dengan butir 9 )
  2. Standar Proses  (10 sampai dengan butir 30)
  3. Standar Kompetensi Lulusan ( 31 sampai dengan 37)
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan ( 38 sampai dengan 56)
  5. Standar Sarana dan Prasarana (57 sampai dengan 80 )
  6. Standar Pengelolaan ( 81 sampai dengan 95 )
  7. Standar Pembiayaan ( 96 sampai dengan 111)
  8. Standar Penilaian (112 sampai dengan 124)
Sebelum menyiapkan data-data tersebut, tentunya sekolah kita sudah terdaptar dalam Program Panduan SisPenA-SM untuk mengupload data-data diantaranya :

















Download Format Surat Ijin Operasional (Ada Pada Sekolah Masing-masing)

Saya juga akan membagikan 8 Bukti Fisik Akreditasi SMP/MTs beserta Dokumen pendukungnya yang dapat anda downlad pada link dibawah ini



Dokumen pendukung lainnya juga bisa anda download pada link dibawah ini



Semoga bukti fisik akreditasi sekolah jenjang SMP/MTs ini berguna bagi kita semua, sampai jumpa dengan artikel saya selanjutnya.
Download 8 Bukti Fisik Akreditasi SMP/MTs beserta Dokumen pendukungnya Download 8 Bukti Fisik Akreditasi SMP/MTs beserta Dokumen pendukungnya Reviewed by mtsn5majalengka on 7:50 AM Rating: 5

No comments