Popcash

Asyiknya Membuat Makanan Dalam Pelajaran Prakarya

Sekolah kami merupakan sekolah pelaksana Kurikulum 2013. Salah satu mata pelajaran wajib pada kurikulum 2013 adalah Prakarya. Dalam mata pelajaran ini peserta didik harus menguasai 2 bidang kompetensi dari 4 bidang yang termuat dalam struktur KI dan KD-nya. Keempat bidang tersebut yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya, dan Pengolahan. Setelah melalui proses analisis, akhirnya kami memilih bidang kerajinan dan Pengolahan sebagai bidang kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. 
Pada bidang Kerajinan, kompetensi yang harus dikuasai di kelas VIII yaitu Prinsip Kerajinan Bahan Lunak Jenis dan Karakteristik Kerajinan Bahan Lunak.
Sementara pada bidang pengolahan kompetensi yang harus dikuasai yaitu Pengolahan Bahan Pangan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi menjadi Makanan. Tentunya itu adalah kompetensi secara umum, kompetensi secara detail terdapat dalam dokumen Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Prakarya. 
Dalam prosesnya, peserta didik membaca keterangan, menyimak video dan mengamati gambar berbagai jenis makanan khas daerah, terutama makanan khas daerah yang ada di daerahnya masing-masing. Pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan internet sebagai sarana untuk mendapatkan berbagai informasi tersebut. Dari proses pengamatan ini muncullah rasa keingintahuan siswa tentang bahan-bahan apa yang digunakan untuk membuat makanan tersebut dan bagaimana teknik pembuatannya. Mereka kemudian mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang berbagai aspek kompetensi yang harus dikuasai, misalnya bahan-bahan dan cara pembuatannya yang begitu banyak tersedia di internet dan juga perpustakaan. Mereka juga menggali informasi dengan melalui wawancara dengan orang yang terbiasa membuat makanan khas daerah tersebut.
Dalam proses pembelajaran ini, peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok, satu kelompok terdiri dari 10-11 orang. Masing-masing kelompok membuat satu makanan yang terbuat dari umbu-umbian. Mereka menganalisis dan merancang proses pembuatannya, langkah-langkah apa sajakah yang harus dijalankan untuk membuat produk tersebut. Pada pertemuan ini mereka juga membagi tugas untuk masing-masing anggota kelompok.
Semoga proses pembelajaran ini mampu meningkatkan daya kreatifitas mereka, sikap tanggung jawab, kerjasama dengan teman, ketekunan, dan berbagai sifat positif lainnya yang akan bermanfaat dalam kehidupan mereka.
Adapun Gallery proses dan hasil pengolahan yang dibuat diantaranya:


























Asyiknya Membuat Makanan Dalam Pelajaran Prakarya Asyiknya Membuat Makanan Dalam Pelajaran Prakarya Reviewed by mtsn5majalengka on 2:49 PM Rating: 5

No comments