Download Contoh PTK AL QUR'AN HADITS MTS
Dibawah ini contoh PTK yang di ambil dari website http://repository.uinbanten.ac.id/261/ yang mungkin bisa bermanfaat bagi semuanya. Untuk reviewnya bisa lihat di bawah:
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE THINK- TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN PROBLEMATIKA DAKWAH MASA KINI ( PTK Di Kelas VII B MTS Al- Mubarok Serang )
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE THINK- TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN PROBLEMATIKA DAKWAH MASA KINI ( PTK Di Kelas VII B MTS Al- Mubarok Serang )
SAFITRI, ANITA
(2017)
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE THINK-
TALK-WRITE PADA MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS POKOK BAHASAN
PROBLEMATIKA DAKWAH MASA KINI ( PTK Di Kelas VII B MTS Al- Mubarok
Serang ).
Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Abstrak
Pemilihan
metode pembelajaran merupakan bagian penting dalam kegiatan
proses pembelajaran karena mempengaruhi terhadap hasil belajar yang di
dapat siswa, hasil belajar merupakan hasil penilaian pendidikan
tentang kemampuan siswa setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran. Seyogyanya guru dalam memilih ataun menggunakan
metode harus memperhatikan dalam pemilihan metode pembelajaran,
agar apa yang di sampaikan
dapat mengenai tujuan juga menjadikan Siswa menjadi aktif dalam belajar.
Kaitannya dengan itu, siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok Serang dalam
proses pembelajarannya belum dapat mengoptimalkan kemampuannya karena
guru dalam proses pembelajarannya masih sering menggunakan ceramah
atau monoton, hal ini berpengaruh pada hasil belajar yang
didapatkan oleh anak didik rendah dan belum optimal sehingga
belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Penggunaan dan pemilihan metode bagi guru dalam kegiatan
pembelajaran sangat penting, karena penggunaan serta memilih
metode yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa,
salah satunya dengan menggunakan metode TTW
(Think-Talk-Write)Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka
penelitian ini adalah
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode
Think-Talk-Write Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Pokok Bahasan
Problematika Dakwah Masa Kini. Rumusan masalah dalam skripsi ini
adalah Apakah dengan Menggunakan metode Think-Talk-Write dapat
meningkatkan hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadis
pokok bahasan problematika dakwah masa kini dikelas VII B MTS
Al-Mubarok ?
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah
:
untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
Al-Qur’an Hadis pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini
VII B MTs Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan penelitian
tindakan kelas yang di
laksanakan di MTs Al-Mubarok Jl H Abdul Latif Kelurahan Sumur
Pecung Serang dimana penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus
setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Sasaran penelitian
ini adalah siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok. penulis
menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah menggunakan metode TTW
(Think-Talk-Write) dalam proses pembelajaran pokok bahasan
Problematika Dakwah Masa Kini sangat tepat dikarenakan terbukti
dari awal penerapan metode ini dari kegiatan pra siklus
hingga siklus II siswa mengalami peningkatan. Pada Pra Siklus
nilai rata-rata siswa 53,06, pada siklus I mengalami peningkatan
nilai rata-rata siswa menjadi 74,32
dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata
siswa menjadi 80,78. Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan
mengajar guru dan pada kegiatan aktivitas Siswa pada siklus I
dan II mendapat peningkatan. Menggunakan metode Thik-Talk-Write
Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Pokok Bahasan Problematika Dakwah
Masa Kini. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah dengan
Menggunakan metode Think-TalkWrite dapat meningkatkan hasil Belajar
Siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan problematika
dakwah masa kini dikelas VII B MTS Al- Mubarok ? Tujuan penelitian
tindakan kelas ini adalah : untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadis pokok bahasan Problematika Dakwah Masa
Kini VII B MTs Al-Mubarok. Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan kelas yang di laksanakan di MTs Al-Mubarok Jl H
Abdul Latif Kelurahan Sumur Pecung Serang dimana penelitian ini
dilakukan sebanyak dua siklus setiap siklus terdiri dari empat tahap,
yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi.
Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Al-Mubarok.
penulis menggunakan PTK model Kemmis dan Mc Taggart. Kesimpulan dari
penelitian ini adalah menggunakan metode TTW (Think-TalkWrite) dalam
proses pembelajaran pokok bahasan Problematika Dakwah Masa Kini sangat
tepat dikarenakan terbukti dari awal penerapan metode ini dari
kegiatan pra siklus hingga siklus II siswa mengalami peningkatan. Pada
Pra Siklus nilai rata-rata siswa 53,06, pada siklus I mengalami
peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74,32 dan pada siklus II
mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 80,78. Berdasarkan
hasil observasi pada kegiatan mengajar guru dan pada kegiatan aktivitas
Siswa pada siklus I dan II mendapat peningkatan. Menggunakan metode
Thik-TalkWrite ternyata sangat baik untuk di terapkan pada proses
pembelajaran.
Untuk File lengkapnya bisa di download Link di bawah:
Teks (COVER) Download (180kB)
Teks (LAMPIRAN DEPAN) Download (560kB)
Teks (BAB I) Download (252kB)
Teks (BAB II) Download (477kB)
Teks (BAB III) Download (319kB)
Teks (BAB IV) Download (76kB)
Teks (DAFTAR PUSTAKA) Download (221kB)
Demikin postingan kali ini semoga bermanfaat. Nantikan postingan berikutnya.
Baca Juga:
Download Contoh PTK AL QUR'AN HADITS MTS
Reviewed by mtsn5majalengka
on
3:00 PM
Rating:
Post a Comment