Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI
Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI
PTK adalah penelitian yang dilakukan guru, penelitian ini
dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan. Jadi
karena PTK itu penelitian harus dilakukan dengan cara/metode yang
terstruktur.
Adapun Ciri Judul PTK Ingat "MENINGKATKAN", judul-judul pada PTK banyak sekali yang menggunakan kata
meningkatkan. Sehingga hampir 99% jika kita temui judul penelitian yang
menggunakan katak meningkatkan itu adalah penelitian tindakan kelas
(PTK).
Adapun contoh judul PTK diantaranya:
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I TENTANG PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN
- PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT DALAM PELAJARAN MATEMATIKA
CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN JUDUL:
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I TENTANG PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN
ABSTRAK
Mumun Sri Maesaroh,
S.Pd. (2016), “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang
Pengurangan Bilangan Bulat melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan” Penelitian
Tindakan Kelas di Kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang
Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Matematika di
Sekolah Dasar, pembelajaran yang menggunakan metode yang tepat dapat
membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar, sehingga anggapan
matematika adalah pelajaran yang sulit dapat terhapuskan selanjutnya hasil
belajar siswa pun akan meningkat. Didasari pada latar belakang diatas, penulis
berusaha menerapkan penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar yaitu
dengan menggunakan media kartu bilangan. Adapun tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang
pengurangan bilangan bulat di kelas I
SDN Karangcegak setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan
media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan model
pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan yang
berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses
pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil
subjek penelitian siswa kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang
dengan jumlah siswa 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar
siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran
matematika dengan penggunaan media kartu bilangan mengalami peningkatan tiap
siklusnya. Rekapitulasi hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 58,46
dan siklus II dengan nilai rata-rata 66,92. Maka hasil penelitian ini
menunjukkan penggunaan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media
kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
matematika. Untuk kedepannya diperlukan penelitian yang lebih dalam pada materi
pelajaran matematika yang lain.
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah SWT yang memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis
dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini
dengan tepat waktu. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada
Nabi Muhammad saw yang telah menunjukan manusia ke jalan kebenaran, amin.
Laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Siswa Tentang Pengurangan Bilangan Bulat melalui Penggunaan Media Kartu
Bilangan” di Kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang Tahun
Pelajaran 2015/2016 disusun dalam rangka memenuhi sebagian dari syarat untuk peningkatan
kemampuan profesi guru guna diajukan pada usulan kenaikan golongan dan jabatan
fungsional guru.
Dalam penyusunan Laporan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, bantuan dan dukungan baik moril maupun
materil yang begitu besar, penulis peroleh dari orang-orang yang berdedikasi,
penuh kasih dan perhatian. Penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan
penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak yang telah banyak membantu
dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang tidak dapat
penulis sebutkan satu per satu. Semoga amal sholeh dan budi baik beliau
mendapat imbalan yang sesuai dari Allah SWT.
Penulis menyadari
sepenuhnya dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)ini masih
banyak kekurangannya dan masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, kritik dan
saran yang membangun sangat diharapkan demi sempurnanya penyusunan skripsi ini.
Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga tulisan dapat bermanfaat bagi
penulis khususnya, dan bagi pembaca umumnya.
Subang,
Februari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
ABSTRAK
......................................................................................... i
KATA PENGANTAR ...................................................................... ii
DAFTAR ISI ................................................................................... iv
DAFTAR TABEL ............................................................................. vi
DAFTAR GAMBAR
......................................................................... vii
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN .......................................................... 1
A. Latar Belakang Masalah ............................................ 1
B. Rumusan Masalah ..................................................... 3
C. Tujuan Penelitian ...................................................... 4
D. Manfaat Penelitian .................................................... 5
E. Definisi Operasional ................................................. 6
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ................................................. 7
A. Kajian Teori ................................................................ 7
1.
Hakekat Pengurangan ......................................... 7
2.
Pembelajaran Matematika ................................... 7
3.
Hasil Belajar ........................................................ 8
4.
Media .................................................................. 9
BAB III METODE PENELITIAN ................................................ 11
A. Metode Penelitian ...................................................... 11
B. Subjek Penelitian ....................................................... 14
C. Instrumen Penelitian ................................................. 15
D. Prosedur Penelitian
.................................................... 16
E. Tehnik Analisis Data ................................................. 19
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .............. 23
A. Hasil Penelitian …...................................................... 23
B. Hasil Wawancara
....................................................... 34
C. Pembahasan ................................................................ 35
BAB V KESIMPULAN DAN REKOMENDASI ...................... 38
A. Kesimpulan
................................................................ 38
B. Rekomendasi
.............................................................. 40
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................... 42
LAMPIRAN – LAMPIRAN
............................................................. 43
DAFTAR TABEL
Tabel 3.1 Kriteria
Penentuan Tingkat Kemampua Siswa ............... 20
Tabel 3.2 Pensekoran
Untuk Setiap kategori Jawaban Siswa Pada
Angket
............................................................................. 21
Tabel 4.1 Hasil Observasi Motivasi Siklus I ................................... 25
Tabel 4.2 Daftar Nilai Tes Evaluasi Siklus I
................................... 27
Tabel 4.3 Refleksi Pembelajaran Siklus I ........................................ 28
Tabel 4.4 Hasil Observasi Motivasi Siklus II ................................. 30
Tabel 4.5 Daftar Nilai Tes Evaluasi Siklus II ................................. 32
Tabel 4.6 Refleksi Pembelajaran Siklus II ...................................... 33
Tabel 4.7 Angket Siswa .................................................................. 34
Tabel 4.8 Hasil Angket Siswa Pada Siklus I ................................... 35
Tabel 4.9 Hasil Pembobotan Siswa Pada Siklus I .......................... 36
DAFTAR LAMPIRAN
A.1 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I ……………… 43
A.2 Lembar
Kerja Siswa Siklus I ………………………………. 49
A.3 Kisi-Kisi
Soal Tes Siklus I ………………………………… 50
A.4 Lembar
Soal Evaluasi Siklus I ……………………………. 51
A.5 Kunci
Jawaban Evaluasi Siklus I ………………………… 52
A.6 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II ……………. 54
A.7 Lembar
Kerja Siswa Siklus II ……………………………. 58
A.8 Kisi-Kisi
Soal Tes Siklus II ……………………………… 59
A.9 Lembar
Soal Evaluasi Siklus II …………………………… 60
A.10 Kunci Jawaban Evaluasi Siklus II ………………………… 61
A.11 Hasil Observasi Guru Dalam Pembelajaran ……………. 62
A.12 Lembar Observasi Aktivitas Siswa Dalam
Pembelajaran … 66
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Rendahnya
prestasi belajar serta ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika
sudah dinilai sebagai salah satu yang cukup serius dan perlu penanganan segera dalam pembelajaran di sekolah .
Beberapa
faktor yang mengakibatkan timbulnya permasalahan di atas diantaranya:
- Kegiatan pembelajaran yang masih bersipat tradisional di dalam pembelajaran yang dilakukan guru hanya berkisar pada aktivitas menerangkan, memberikan contoh, dan siswa diberikan latihan-latihan mengerjakan soal sesuai yang dituliskan.
- Guru berkonsentrasi mengajar, dimana hanya bertumpu pada pencapaian target kurikulum yang akhirnya pencapaian daya serap siswa terabaikan, oleh karena itu banyak materi yang harus disampaikan.
Upaya
peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek
moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olahraga dan
perilaku.
Matematika
adalah salah satu\mata pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar. Matematika
sebagai salah satu ilmu dasar yang dewasa ini telah berkembang sangat pesat
baik materi maupun kegunaan, maupun strategi pembelajarannya. Matematika
merupakan mata pelajaran yang memiliki obyek abstrak yang berdasarkan kebenaran
dan konsisten. Materi matematika bukanlah yang pertama kali dikenal oleh
peserta didik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kemampuan siswa
dalam pembelajaran matematika berkembang sesuai dengan kemampuan kongnitifnya,
ide-ide matematika yang tentu dikenal
perlu dikembangkan secara sistematis dalam bentuk pembelajaran yang diajarkan
secara berencana.
Uraian
diatas mengungkapkan bahwa matematika itu sangat penting, tetapi dilain pihak
prestasi belajar peserta didik dalam matemtika masih jauh dari apa yang
diinginkan. Hal itu karena metode pembelajaran dan media pembelajaran yang
dipergunakan kurang sesuai dengan kebutuhan sehingga pembelajaran kurang
maksimal. Kenyataan tersebut masih banyak dijumpai di SD Negeri Karangcegak, tempat dimana peneliti melaksanakan tugas mengajar
selama ini.
Hal
ini sesuai dengan Undang – Undang Pendidikan No. 2 tahun 1989 jo UU no 20 tahun
2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 13 yang dinyatakan bahwa :
“
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasaka kehidupa bangsa
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab”.
Konsep
pengurangan adalah konsep yang tidak
mudah dipahami oleh pesta didik di sekolah dasar. Sehingga untuk mengajarkannya
memerlukan kesabaran, kesungguhan, perhatian, ketekunan, kemampuan professional
guru, dan memiliki dedikasi yang cukup tinggi. Pemahaman konsep pengurangan
peserta didik relatif masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai
ulangan harian pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat.
Bagi
peserta didik Sekolah Dasar menyelesaikan operasi pengurangan bilangan adalah
hal yang tidak mudah atau kesulitan hal tersebut karena belum memahami secara
mantap tentang bilangan itu.
Salah
satu alternativ solusi yang dapat mengatasi permasalah diatas adalah dengan
menggunakan media kartu bilangan. Dengan menggunakan media pembelajaran ini
diharapkan peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami dan memaknai
matematika melalui aktivitas belajar.
B.
Pembatasan Masalah
Pembatasan
masalah pada penelitian ini berfungsi untuk membatasi perlakuan dan materi yang
dipakai pada penelitian tindakan kelas ini, adapun pembatasan masalahnya
sebagai berikut :
1.
Materi yang dipakai pada
Penelitian Tindakan Kelas ini memakai mata pelajaran Matematika untuk kelas I
Sekolah Dasar dengan materi pengurangan.
2.
Penelitian ini hanya berlaku
untuk kelas I SDN Karangcegak.
3.
Media yang dipakai dalam
penelitian ini adalah media kartu bilangan.
C.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan uraian di
atas , rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:
1. Bagaimana perencanaan pembelajaran
matematika tentang pengurangan bilangan
bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu
bilangan?
2. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
matematika tentang pengurangan bilangan
bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu
bilangan?
3. Bagaimana hasil belajar matematika siswa
tentang pengurangan bilangan bulat di
kelas I SDN Karangcegak setelah mengikuti pembelajaran
matematika dengan penggunaan media kartu bilangan?
D.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan penelitian tindakan kelas yang berkaitan upaya meningkatkan hasil
belajar matematika melalui penggunaan media kartu bilangan, secara rinci tujuan
ini adalah sebagai berikut :
1.
Untuk
mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran matematika tentang
pengurangan bilangan bulat di kelas I
SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu bilangan.
2. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
pembelajaran matematika tentang pengurangan
bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu
bilangan.
3.
Untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang pengurangan bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak setelah
mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan.
E.
Manfaat Penelitian
Dalam
penelitian ini diharapkan berguna dan bermanfaat untuk siswa, guru, sekolah
dalam memberikan solusi untuk meningkatkan kreatifitas proses belajar mengajar
matematika.
1.
Manfaat Untuk Siswa
a. Dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I dalam pembelajaran matematika
pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat.
b. Dapat meningkatkan pola pikir
matematika siswa kelas I, dan pembelajaran lebih bermakna
2. Manfaat Untuk Guru
Dapat
memberikan sumbangsih untuk meningkatkan motivasi dan informasi khususnya bagi
guru sekolah dasar mengenai pembelajaran matematika.
3. Manfaat Bagi Sekolah
Diharapkan
dapat memberikan kontribusi bagi penentu kebijakan , khususnya dalam
peningkatan kualitas pendidikan.
Untuk lebih lengkapnya kalian bisa Download file Documentnya (Doc) di Bawah ini:
Download [klik di sini]
Demikian artikel tentang Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI. Semoga bermanfaat
Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI
Reviewed by mtsn5majalengka
on
9:30 AM
Rating:
Post a Comment