Popcash

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI

PTK adalah penelitian yang dilakukan guru, penelitian ini dilakukan dengan merencanakan, melaksanakan dan merefleksikan. Jadi karena PTK itu penelitian harus dilakukan dengan cara/metode yang terstruktur.
Adapun Ciri Judul PTK Ingat "MENINGKATKAN", judul-judul pada PTK banyak sekali yang menggunakan kata meningkatkan. Sehingga hampir 99% jika kita temui judul penelitian yang menggunakan katak meningkatkan itu adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Adapun contoh judul PTK diantaranya: 
  1. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I TENTANG PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN
  2. PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI TEMPAT DALAM PELAJARAN MATEMATIKA
Untuk bahan referensi bagi para guru-guru selanjutnya saya akan berbagi Contoh-contoh PTK (Hasil Skripsi) yang bisa di Download gratis.

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 1 DENGAN JUDUL:

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I TENTANG PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN


ABSTRAK

Mumun Sri Maesaroh, S.Pd. (2016), “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pengurangan Bilangan Bulat melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan” Penelitian Tindakan Kelas di Kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang Tahun Pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, pembelajaran yang menggunakan metode yang tepat dapat membangkitkan minat dan motivasi siswa untuk belajar, sehingga anggapan matematika adalah pelajaran yang sulit dapat terhapuskan selanjutnya hasil belajar siswa pun akan meningkat. Didasari pada latar belakang diatas, penulis berusaha menerapkan penggunaan metode dalam kegiatan belajar mengajar yaitu dengan menggunakan media kartu bilangan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan yang berorientasi pada upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri atas perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, kegiatan observasi dan refleksi. Peneliti mengambil subjek penelitian siswa kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang dengan jumlah siswa 13 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rekapitulasi hasil pembelajaran siklus I dengan nilai rata-rata 58,46 dan siklus II dengan nilai rata-rata 66,92. Maka hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Untuk kedepannya diperlukan penelitian yang lebih dalam pada materi pelajaran matematika yang lain.




KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi Allah SWT yang memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dengan tepat waktu. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad saw yang telah menunjukan manusia ke jalan kebenaran, amin.
Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Tentang Pengurangan Bilangan Bulat melalui Penggunaan Media Kartu Bilangan” di Kelas I SDN Karangcegak Kecamatan Pagaden Barat Kab. Subang Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun dalam rangka memenuhi sebagian dari syarat untuk peningkatan kemampuan profesi guru guna diajukan pada usulan kenaikan golongan dan jabatan fungsional guru.
Dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, bantuan dan dukungan baik moril maupun materil yang begitu besar, penulis peroleh dari orang-orang yang berdedikasi, penuh kasih dan perhatian. Penulis menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu. Semoga amal sholeh dan budi baik beliau mendapat imbalan yang sesuai dari Allah SWT.
Penulis menyadari sepenuhnya dalam penyusunan Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)ini masih banyak kekurangannya dan masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi sempurnanya penyusunan skripsi ini. Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga tulisan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya, dan bagi pembaca umumnya.

                                                                           Subang,   Februari 2016


                                                                                     Penulis       






DAFTAR ISI
                                                                                                                Halaman
ABSTRAK .........................................................................................           i
KATA PENGANTAR  ......................................................................           ii
DAFTAR  ISI  ...................................................................................           iv
DAFTAR TABEL  .............................................................................           vi
DAFTAR GAMBAR .........................................................................           vii
DAFTAR LAMPIRAN  ....................................................................           viii

BAB I       PENDAHULUAN  ..........................................................             1
A.    Latar Belakang Masalah  ............................................           1
B.     Rumusan Masalah  .....................................................            3
C.     Tujuan Penelitian  ......................................................            4
D.    Manfaat Penelitian  ....................................................            5
E.     Definisi Operasional  .................................................            6

BAB  II     TINJAUAN PUSTAKA  .................................................           7
A.    Kajian Teori ................................................................           7
1.      Hakekat Pengurangan .........................................            7
2.      Pembelajaran Matematika ...................................            7
3.      Hasil Belajar ........................................................            8
4.      Media ..................................................................            9
                                                                                                         
BAB III    METODE PENELITIAN  ................................................          11
A.    Metode Penelitian  ......................................................           11
B.     Subjek Penelitian  .......................................................           14
C.     Instrumen Penelitian  .................................................            15
D.    Prosedur Penelitian ....................................................            16
E.     Tehnik Analisis Data  .................................................            19
                       
BAB IV    HASIL PENELITIAN  DAN PEMBAHASAN ..............             23       
A.    Hasil Penelitian  …......................................................           23
B.     Hasil Wawancara .......................................................            34       
C.     Pembahasan ................................................................           35

BAB V      KESIMPULAN DAN REKOMENDASI  ......................              38
A.    Kesimpulan ................................................................            38
B.     Rekomendasi ..............................................................           40
DAFTAR PUSTAKA  .......................................................................            42
LAMPIRAN – LAMPIRAN .............................................................            43






DAFTAR TABEL

Tabel 3.1    Kriteria Penentuan Tingkat Kemampua Siswa ...............            20
Tabel 3.2    Pensekoran Untuk Setiap kategori Jawaban Siswa Pada
                   Angket .............................................................................           21
Tabel 4.1    Hasil Observasi Motivasi Siklus I ...................................            25
Tabel 4.2    Daftar Nilai Tes Evaluasi Siklus I ...................................            27
Tabel 4.3    Refleksi Pembelajaran Siklus I ........................................           28
Tabel 4.4    Hasil Observasi Motivasi Siklus II .................................            30
Tabel 4.5    Daftar Nilai Tes Evaluasi Siklus II .................................            32       
Tabel 4.6    Refleksi Pembelajaran Siklus II ......................................            33
Tabel 4.7    Angket Siswa ..................................................................            34       
Tabel 4.8    Hasil Angket Siswa Pada Siklus I ...................................           35
Tabel 4.9    Hasil Pembobotan Siswa Pada Siklus I ..........................            36


DAFTAR LAMPIRAN

         A.1   Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus I   ………………      43
         A.2   Lembar Kerja Siswa Siklus I  ……………………………….      49
         A.3  Kisi-Kisi Soal Tes Siklus I  …………………………………       50
         A.4  Lembar Soal Evaluasi Siklus I  …………………………….        51
         A.5  Kunci Jawaban Evaluasi Siklus I   …………………………       52
         A.6  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Siklus II  …………….        54
         A.7  Lembar Kerja Siswa Siklus II  …………………………….        58
         A.8  Kisi-Kisi Soal Tes Siklus II  ………………………………         59
         A.9  Lembar Soal Evaluasi Siklus II ……………………………        60
         A.10 Kunci Jawaban Evaluasi Siklus II  …………………………       61
         A.11 Hasil Observasi Guru Dalam Pembelajaran …………….             62
         A.12 Lembar Observasi Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran …         66



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang  Masalah
Rendahnya prestasi belajar serta ketidakmampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika sudah dinilai sebagai salah satu yang cukup serius dan perlu penanganan segera dalam pembelajaran di sekolah .
Beberapa faktor yang mengakibatkan timbulnya permasalahan di atas diantaranya:
  1. Kegiatan pembelajaran yang masih bersipat tradisional di   dalam pembelajaran yang dilakukan guru hanya berkisar pada aktivitas menerangkan, memberikan contoh, dan siswa diberikan latihan-latihan mengerjakan soal sesuai yang dituliskan.
  2. Guru berkonsentrasi mengajar, dimana hanya bertumpu pada pencapaian target kurikulum yang akhirnya pencapaian daya serap siswa terabaikan, oleh karena itu banyak materi yang harus disampaikan.
Upaya peningkatan mutu pendidikan perlu dilakukan secara menyeluruh meliputi aspek moral, akhlak, budi pekerti, pengetahuan, keterampilan, seni, olahraga dan perilaku.
Matematika adalah salah satu\mata pelajaran yang diajarkan sejak sekolah dasar. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar yang dewasa ini telah berkembang sangat pesat baik materi maupun kegunaan, maupun strategi pembelajarannya. Matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki obyek abstrak yang berdasarkan kebenaran dan konsisten. Materi matematika bukanlah yang pertama kali dikenal oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika berkembang sesuai dengan kemampuan kongnitifnya, ide-ide matematika yang tentu dikenal perlu dikembangkan secara sistematis dalam bentuk pembelajaran yang diajarkan secara berencana.
Uraian diatas mengungkapkan bahwa matematika itu sangat penting, tetapi dilain pihak prestasi belajar peserta didik dalam matemtika masih jauh dari apa yang diinginkan. Hal itu karena metode pembelajaran dan media pembelajaran yang dipergunakan kurang sesuai dengan kebutuhan sehingga pembelajaran kurang maksimal. Kenyataan tersebut masih banyak dijumpai di SD Negeri Karangcegak, tempat dimana peneliti melaksanakan tugas mengajar selama ini.  
Hal ini sesuai dengan Undang – Undang Pendidikan No. 2 tahun 1989 jo UU no 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pasal 13 yang dinyatakan bahwa :
“ Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdasaka kehidupa bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,  dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Konsep pengurangan  adalah konsep yang tidak mudah dipahami oleh pesta didik di sekolah dasar. Sehingga untuk mengajarkannya memerlukan kesabaran, kesungguhan, perhatian, ketekunan, kemampuan professional guru, dan memiliki dedikasi yang cukup tinggi. Pemahaman konsep pengurangan peserta didik relatif masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya nilai ulangan harian pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat.
Bagi peserta didik Sekolah Dasar menyelesaikan operasi pengurangan bilangan adalah hal yang tidak mudah atau kesulitan hal tersebut karena belum memahami secara mantap tentang bilangan itu.
Salah satu alternativ solusi yang dapat mengatasi permasalah diatas adalah dengan menggunakan media kartu bilangan. Dengan menggunakan media pembelajaran ini diharapkan peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami dan memaknai matematika melalui aktivitas belajar.
B.          Pembatasan Masalah
    Pembatasan masalah pada penelitian ini berfungsi untuk membatasi perlakuan dan materi yang dipakai pada penelitian tindakan kelas ini, adapun pembatasan masalahnya sebagai berikut :
1.      Materi yang dipakai pada Penelitian Tindakan Kelas ini memakai mata pelajaran Matematika untuk kelas I Sekolah Dasar dengan materi pengurangan.
2.      Penelitian ini hanya berlaku untuk kelas I SDN Karangcegak.
3.      Media yang dipakai dalam penelitian ini adalah media kartu bilangan.

C.         Rumusan Masalah
       Berdasarkan latar belakang dan uraian di atas , rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 
1.      Bagaimana perencanaan pembelajaran matematika tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu bilangan?
2.      Bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu bilangan?
3.      Bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan?

D.         Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian tindakan kelas yang berkaitan upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui penggunaan media kartu bilangan, secara rinci tujuan ini adalah sebagai berikut :
1.    Untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran matematika tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu bilangan.
2.    Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran matematika tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak melalui penggunaan media kartu bilangan.
3.    Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika siswa tentang pengurangan  bilangan bulat di kelas I SDN Karangcegak setelah mengikuti pembelajaran matematika dengan penggunaan media kartu bilangan.


E.          Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini diharapkan berguna dan bermanfaat untuk siswa, guru, sekolah dalam memberikan solusi untuk meningkatkan kreatifitas proses belajar mengajar matematika.
1.      Manfaat Untuk Siswa
a.    Dapat meningkatkan kemampuan  siswa kelas I dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat.             
b.    Dapat meningkatkan pola pikir matematika siswa kelas I, dan pembelajaran lebih bermakna
 
2.      Manfaat Untuk Guru
Dapat memberikan sumbangsih untuk meningkatkan motivasi dan informasi khususnya bagi guru sekolah dasar mengenai pembelajaran matematika.

3.      Manfaat Bagi Sekolah
Diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi penentu kebijakan , khususnya dalam peningkatan kualitas pendidikan. 

Untuk lebih lengkapnya kalian bisa Download file Documentnya (Doc) di Bawah ini:

Download [klik di sini]

Demikian artikel tentang  Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI. Semoga bermanfaat

Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI Download Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelajaran MATEMATIKA Kelas 1 SD/MI Reviewed by mtsn5majalengka on 9:30 AM Rating: 5

No comments